SELAMAT DATANG DI BLOK " PONDOK MODERN DARUL ARQOM PATEAN-KENDAL-JAWA TENGAH Jl. Tugu Mas Pagersari Patean Kendal, Kode Pos 51364 (phone) 451622, 452074, 5790809 HP: 085743689501 Email:darularqompatean@gmail.com / ponpesdarularqom@gmail.com / darularqompatean@yahoo.com We:pm-darularqompatean.Blogspot.com " JIKA TERJADI KESALAHAN PENULISAN & TUTUR KATA KAMI MOHON MAAF SEBESAR - BESARNYA, KRITIK & SARAN SANGAT KAMI BUTUHKAN DEMI KEMAJUAN PONDOK.

Kamis, 29 September 2011

PROGRAM KERJA TATA USAHA

PROGRAM KERJA
TATA USAHA




MTs Muhammadiyah 02 Patean
Tahun Pelajaran 2011/2012



Disusun Oleh :
TEAM TATA USAHA MTs MUHAMMADIYAH 02 PATEAN















MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PONDOK MODERN DARUL ARQOM
MTs MUHAMMADIYAH 02 PATEAN
Jl Tugu Mas Pagersari Patean Kendal 51364 Telp ( 0294 ) 451622
Web:darularqompatean.sch.id / Email:darularqompatean@gmail.con 




BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG
Tahun pelajaran 2010/2011 dilewati dengan hasil yang cukup menggembirakan dibidang pendidikan. Hal  ini dikarenakan MTs Muhammadiyah 02 Sukorejo adalah sebuah madrasah tingkat pertama yang tentu saja segala sesuatunya masih dalam kekurangan.  
Sesuai  dengan  Undang-Undang  Sisdiknas  Nomor  :  20  Tahun  2003  mengamanatkan bahwa  :  Pendidikan  adalah  usaha  sadar  dan  terencana  untuk mewujudkan  suasana  belajar  dan proses  pembelajaran  agar  peserta  didik  aktif  mengembangkan  potensi  dirinya  untuk  memiliki kekuatan  spritual  keagamaan,  pengendalian  diri,  kepribadian,  kecerdasan,  akhlak  mulia,  serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
Untuk  mencapai  tujuan  kelembagaan  di  atas,  maka  perlu  ditunjang  dengan  pelayanan administrasi  sekolah  yang  teratur,  terncana  dan  berkesinambungan  sehingga  dengan  pelayanan administrasi  yang  baik  akan  dapat menunjang  keberhasilan  proses  pembelajaran  sesuai  dengan  yang diharapkan. 
Sejalan  dengan  hal  tersebut maka  Tata Usaha  telah menyiapkan  komponen  yang  tidak terpisahkan  dalam  kelembagaan  sekolah  dan   dituntut  untuk mewujudkan  suatu  program  Tata  Usaha  yang  mandiri  yang  betul-betul  dalam  realisasi  kerjanya  dapat menunjang keberhasilan dalam mencapai tujuan lembaga yang dimaksud.
Dengan  demikian  program  kerja  ini  diharapkan  dalam  setiap  langkah  kegiatan  yang dilaksanakan dapat menunjang usaha peningkatan mutu pendidikan.   



B.     DASAR HUKUM
1.      Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 
2.      Peraturan Pemerintah Nomor. 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
3.      Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  : 087/U/2002, Tanggal    19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
4.      Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  : 087/U/2002, Tanggal       04  Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
5.      Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  : 084/U/2002, Tentang Perubahan Sistem Catur Wulan Menjadi Sistem Semester 
6.      Surat Keputusan Menteri  Pendidikan Nasional Nomor  :  125/U/2002, Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Mengajar Efektif.

C.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud penyusunan program kerja ini adalah :
  • Memberikan  arah  kepada  semua  pihak    yang  terlbiat  dalam  kegiatan  pendidikan  agar dapat memanfaatkan  setiap  dana  dan  daya  yang  tersedia  untuk menunjang  tercapainya mutu pendidikan
  • Terselenggaranya administrasi kesiswaan yang tertib dan teratur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Meningkatkan  layanan  Tata  Usaha  dalam  penyelesaian  hak-hak  pegawai  dengan pengadministrasian yang teratur.
  • Meningkatakn layanan Tata Usaha 
  • Terselenggaranya administrasi keuangan yang  tertib dan  teratur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Terpeliharanya  gedung  sekolah  dan  perlengkapannya  sehingga  tercipta  lingkungan pendidikan yang nyaman 
  • Terselenggaranya pengadminitrasian  surat menyurat yang  teratur berdasarkan ketentuan yang berlaku.

D.    SASARAN PROGRAM
Yang menjadi sasaran dalam program kerja ini adalah : 
a)      Adminstrasi Kesiswaan 
b)      Ketenagaan 
c)      Inventaris
d)     Pemelihraan gedung 
e)      Keuangan
f)       Surat menyurat 

E.     SISTEMATIKA PENULISAN
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB  I  Pendahuluan
a.       Latar Belakang 
b.      Dasar Hukum
c.       Tujuan
d.      Sasaran
e.       Sistematika Penulisan
BAB  II  Pengorganisasian
BAB  III  Jadwal Kegitan 
BAB  IV  Pembiayaan  
BAB V  Penutup 
Lampiran-Lampiran


BAB II
PENGORGANISASIAN
A.     PEMBAGIAN TUGAS
NO.
NAMA/
NIP
TEMPAT, TGL LAHIR
TUGAS POKOK

1
ROZIKIN

Kendal,
11 April 1990

A. ADMINISTRASI KANTOR
B. KEARSIPAN


2

SITI  MAKRIFAH

Kendal,
17 Mei 1972

A. KEUANGAN SEKOLAH
B. KEUANGAN KESISWAAN


3


KASIROH

Kendal,
28 Mei 1974

A.  PERSURATAN
B.  KEPEGAWAIAN
C.  ATK
D.  KEARSIPAN


4

KHOMSATUN
Temanggung,
 03 Oktober 1985


KEUANGAN PONDOK

5


ISKAK

Kendal,
12 Juni 1972

PENJAGA SEKOLAH, PETUGAS KEBERSIHAN

6


PUJIONO

Kendal,



PENJAGA SEKOLAH, PESURUH



B.    URAIAN TUGAS TATA USAHA
I. KEPALA URUSAN TATA USAHA 
Kepala Urusan Tata Usaha bertugas:
·         Mengkoordinasikan semua kegiatan pelaksanaan administrasi mulai dari : 
o  Persiapan
o  Pelaksanaan
o  Evaluasi
·         Merencanakan kegiatan administrasi
·         Mengawasi pelaksanaan kegiatan administrasi
·         Memotivasi pelaksanaan kegiatan administrasi
·         Melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan administrasi
·         Memberi laporan kepada Kepala Sekolah atas pelaksanaan administrasi

II. URUSAN KEUANGAN
Urusan Keuangan bertugas:
·         Merencanakan pengelolaan dana
·         Melaksanakan pengelolaan dana sesuai dengan rencana atas pengetahuan Kepala Sekolah
·         Membuat laporan pengelolaan dana sesuai dengan aturan yang ada
·         Membuat catatan khusus atas volume pengelolaan dana
·         Membuat rekapitulasi kehadiran pegawai 
·         Mengetik dan mendokumentasikan DP-3
·         Membuat format F1 dan F3
·         Menyusun buku induk pegawai 
·         Membuat SK Berkala 

III. URUSAN KESISWAAN
Urusan Kesiswaan bertugas:
·         Menyusun Program Kerja
·         Menyiapkan / melaksanakan data siswa 
o  Jumlah Siswa
o  Jumlah tiap kelas
o  Jumlah kelamin
o  Prestasi siswa yang meliputi: 
-          Olahraga
-          Akademis
-          Seni
-          Lain-lain
o  Buku Induk
o  Buku Klaper
o  Buku Legger yang meliputi: 
-          Raport
-          STTB
-          Danum
o  Buku Nilai
o  Buku Mutasi 
o  Buku Keperluan Siswa
·         Melaporkan catatan khusus yang belum dikerjakan pada semester berikutnya

IV. URUSAN KEPEGAWAIAN
Urusan Kepegawaian Bertugas:
·         Menyiapkan data guru dan pegawai
·         Mendata kondisi guru dan pegawai meliputi : 
o  Kenaikan gaji berkala
o  Kenaikan pangkat regular / system kredit
o  Kenaikan pangkat prestasi
o  Pembinaan karier (Piagam, Penataran, SK, dsb)
·         Menyiapkan / mengisi: 
o  Buku data guru dan pegawai
o  Buku catatan kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat guru dan  Pegawai
o  Buku mutasi guru dan pegawai
o  Buku induk pegawai
o  Kartu cuti pegawai
o  Uraian tugas guru dan pegawai
o  Kartu Pegawai
·         Menyiapkan dan menyimpan daftar hadir guru dan pegawai
·         Menyiapkan /membuat dan menyimpan DUK setiap tahun 

V. URUSAN INVENTARIS/PERLENGKAPAN
Urusan Inventaris bertugas:
·         Mendata semua sarana sekolah
·         Merencanakan pengadaan sarana
·         Merencanakan dan mengadakan perawatan sarana
·         Melaporkan keadaan sarana sekolah pada setiap triwulan
·         Membuat daftar/mengisi buku yang dierlukan untuk inventaris

VI. PERPUSTAKAAN
Urusan Perpustakaan bertugas:
·         Menyusun rencana kebutuhan perpustakaan
·         Menyiapkan format-format
·         Menyiapkan buku administrasi perpustakaan
·         Membantu Pustakawan dalam peminjaman dan pengembalian buku
·         Membuat laporan

VII. CARAKA
Urusan Caraka bertugas:
·         Membersihka ruangan 
·         Menyediakan air minum pegawai
·         Mengunci pintu dan jendela setiap ruangan 
·         Memelihara tanaman sekolah
·         Memelihara kebun sekolah
·         Memperbaiki mebelair 

VIII. PIKET GERBANG
Urusan Piket Gerbang bertugas:
·         Menjaga ketertiban sekolah
·         Menjaga piket malam 
·         Melayani keluar masuk melalui pintu gerbang 
·         Mengawasi kendaraan di tempat parkir


BAB III
PROGRAM YANG AKAN DILAKSANAKAN


Untuk  tahun  pelajaran  2011/2012 bidang  ketatausahaan  sesuai  dengan  tugasnya merencanakan kegiatan sebagai berikut :

1.      Kesiswaan
Dengan  melihat  kenyataan  yang  ada  bahwa  kondisi  administrasi  kesiswaan  pada  tahun pelajaran  2010/2011 belum  optimal  dan  diharapkan  untu  tahun  pelajaran  2011/2012 diharapkan memberikan pelayanan dalam pengadminitrasian siswa sesuai dengan tuntutan.
Langkah yang akan dilaksanakan sbb : 
a.       mengkaji  ulang  sesuai  dengan  pedoman  yang  berlaku,  instrumen  yang  harus tersedia 
b.      menginventarisasi kebutuhan buku-buku yang dibutuhkan dan menyediakannya 
c.       mengisi buku-buku yang belum tersedia 
d.      menyusun daftar siswa secara alfabet 
e.       menyelesaikan persetujuan mutasi siswa 
f.       membuat US1 dan US2
g.      menyeleseikan persetujuan calon peserta UN
h.      menyiapkan administrasi UN 
i.        menyiapkan usulan siswa penerima beasiswa 
j.        membuat usulan untuk mendapatkan buku laporan pendidikan 
k.      membuat panggilan konsultasi bagi orang tua siswa
l.        ikut serta dalam kegiatan PPDB, Semesteran dan UN 





2.      Ketenagaan 
Dengan  berkembangnya  jumlah  personel  dan  bertambahnya  masa  kerja  mengakibatkan seorang  pegawai  menutut  hak  kepegawaiannya,  maka  urusan  ketenagaan  untuk  tahun pelajaran 2011/2012 bertugas sbb :
a.  menyusun rencana kenaikan jabatan dan SK berkala 
b.  mengajukan dan memproses kanikan tingkat jabatan guru 
c.   membuat SK Berkala 
d.  mengajukan usulan penetapan PNS 
e.  mengisi data kepegawian dan buku induk pegawai
f.  mengetik dan menyelesaikan DP-3
g.  mengisi buku dapfta hadir pegawai 
h.  membuat tata tertib pegawai 
i.  data operasional

3.      Inventarisasi/Perelengkapan 
Untuk  meningkatkan  jumlah  sarana  dan  prasarana  diprogramkan  melalui  kegiatan  sebagai  berikut :
a.  menyusun rencana kebutuhan 
b.  menginventarisir barang-barang yang ada 
c.  membeli barang 
d.  membuat nomor inventaris pada setiap barang 
e.  membuat usualan/rencana barang yang diperlukan 
f.  mengadministrasikan  barang  yang  baru  dibeli  baik melalui  droping  dari Dinas atau membeli sendiri 
  Buku-buku yang diperlukan adalah :
a.  data tanah 
b.  buku induk barang inventarisasi 
c.  dafta barang inventarisasi 
d.  buku catatan barang non inventarisasi 
e.  buku pembelian barang 
f.  buku penerimaan barang 
g.  kartu stok barang
4.      Surat Menyurat 
Langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam pengadministrasian surat menyurat adalah :
  1. Surat Keluar 
a.  Mengetik surat keluar 
b.  Memasukan surat 
c.  Memasukan pada buku agenad keluar 
d.  Mendokumentasikan surat keluar
  2. Surat Masuk 
a.  Mengkonsultasikan surat kepada kepala sekolah
b.  Memasukan pada buku agenda masuk 
c.  Mendokumentasikan surat masuk
  3. Mendokumentasikan data-data sekolah 
  4. Membuata laporan rekapitulasi surat masuk dan surat keluar 
  5. Menyiapakan buku-buku yang berkaitan dengan administrasi surat menyurat 
  6. Kode Surat
  7. Buku Agenda 
8. Buku Ekspedisi

5.      Bendahara Intern/Pembuat daftar gaji 
Untuk  terselenggara  kegiatan  sesuai  dengan  tergat  yang  diharapkan  senantiasa  ditunjang dengan informasi dari yang berwenang dan mengusulkan kebutuhan yang memadai dan tepat teradministrasi sesuai dengan ketentuan .  Untuk hal tersebut diprogramkan sebagai berikut :
a.  Menyusun rencana kenaikan gaji pegawai 
b.  Memproses pencairan keuangan dari pemerintah 
c.  Mengelola keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku 
d.  Mengisi buku yang diharuskan ada : 1. BKU, 2. Buku Cek, 3. Arsip Daftar Gaji, 4. Buku penerimaan pajak penghasilan


BAB IV
PEMBIAYAAN

Untuk pembiayaan kegiatan-kegiatan sekolah pada  tahun pelajaran 2011/2011 berpedoman pada KAS berjalan diantaranya : 
1.  Pemeliharaan, rehabilitasi, dan pengadaan sarana dan prasarana 
2.  Peningkatan Pembelajaran 
3.  Peningkatan kegiatan siswa 
4.  Dukungan biaya kegiatan personil dan peningkatan kesejahteraan 
5.  Kegiatan rumah tangga sekolah 

Dari    seluruh  rencana  tersebut  di  atas  sesuai  dengan  persetujuan  program  sekolah  dan  dibiayai oleh : 
1.  APBN 
2.  APB I 
3.  APB II
4. Infaq Peserta Didik
5.  Komite Sekolah


BAB V
PENUTUP

Dengan  segala kekurangan  dan  keterbatasan Program Kerja Tata Usaha MTs Muhammadiyah 02 Patean tahun pelajaran 2011/2012 telah  kami  susun walaupun pada kenyataanya  jauh  dari kesempurnaan karena terbatasnya kemampuan dan pengalaman yang kami miliki.
Tentunya harapan kami, sempurnanya program kerja tahun mendatang segala kritik yang konstruktif  dari  para  pembaca  sangat  diharapkan  termasuk  sumbangan  fikiran  dan  saran-saran lainnya.
Dengan dibuatnya program kerja  ini, kami berharap dapat  tercapai  semua  sasaran yang direncanakan  dan  betul-betul  dapat  dijadikan  landasan  untuk  semua  staf  Tata  Usaha,  dalam melaksanakan tugas yang dibebankan sesuai dengan tugas yang diberikan. 
Semoga kebaikan yang  telah diberikan  semua pihak  bersamaan dengan niat tulus ikhlas sehingga  tersusunya program kerja ini, sesuai dengan amal ibadah dan mendapat ridho-Nya. 
    Amiiiin ......

                Patean,    Juli 2011
Kepala Madrasah,                                                          Kepala Tata Usaha,



El Mahie, S.Pd                                                                        Rozikin
NBM. 975825                                                                           NBM.1066470

4 komentar:

  1. gan minta ijin copy paste Prokernya ya!!! q g cari2 juga niiii

    BalasHapus
  2. numpang istirahat.....

    BalasHapus
  3. diperbolehkan copy paste selagi bermanfaat

    BalasHapus
  4. asslamu'alaikm..
    apa ada untuk unit SMA?
    tolong keterangan dan biayanya..
    jazakallah..

    BalasHapus