SELAMAT DATANG DI BLOK " PONDOK MODERN DARUL ARQOM PATEAN-KENDAL-JAWA TENGAH Jl. Tugu Mas Pagersari Patean Kendal, Kode Pos 51364 (phone) 451622, 452074, 5790809 HP: 085743689501 Email:darularqompatean@gmail.com / ponpesdarularqom@gmail.com / darularqompatean@yahoo.com We:pm-darularqompatean.Blogspot.com " JIKA TERJADI KESALAHAN PENULISAN & TUTUR KATA KAMI MOHON MAAF SEBESAR - BESARNYA, KRITIK & SARAN SANGAT KAMI BUTUHKAN DEMI KEMAJUAN PONDOK.

Kamis, 22 September 2011

YANG KHAS, MODERN, MENYEJUKAN HATI


YANG KHAS
DI PONDOK MODERN DARUL ARQOM PATEAN


Setiap Pondok mempunyai ciri khas yang membedakan dengan pondok yang lain.  Ciri khas  Pondok Modern Darul Arqom Patean adalah:


  1. Matrikulasi
Untuk menekan jumlah santri drop out, maka calon santri diberi kesempatan untuk mencoba hidup di pondok.  Kegiatan ini dilakukan pada saat calon santri mengikuti tes/ seleksi masuk. Calon santri tidak ditemani orang tua dan beraktifitas seperti layaknya santri mukim. Jika calon santri tampak nyaman dan kerasan serta dinyatakan diterima,  maka calon santri melakukan daftar ulang.


B. Santri Indent
Karena banyaknya calon santri  yang ingin belajar di Pondok Modern Darul Arqom Patean dan guna mempersiapkan fasilitas yang lebih baik serta pengaturan kegiatan pondok maka diadakan penelusuran bakat minat calon santri.
Penjaringan calon santri ini dilakukan pada libur semester gasal. Jika pada saat penjaringan sudah memenuhi kuota maka tidak dibuka pendaftaran siswa baru regular.



C. Teaching Practice
Sejak MTs Muhammadiyah 02 berdiri tahun 1992 siswa kelas 3 diberikan bekal latihan mengajar di SD/MI di sekitar pondok.  Kegiatan ini dilakukan saat selesai tes semester gasal sebelum penerimaan rapor. 
Dengan dibekali metode mengajar dan administrasi mengajar, santri diharuskan membuat persiapan mengajar dan mempraktekannya serta membuat laporan dibimbing ustad pendamping.


D. Subuh Masal
Subuh masal dilakasanakan setiap hari Jum’at pagi mulai jam 04.00 sampai dengan 06.00. Peserta yang jauh disediakan tempat menginap,  mulai jam 03.30 dimulai dengan tahajud bersama.
Program ini sebagai ikhtiar untuk menggembirakan umat menghadiri jama’ah sholat Subuh sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Isro’ ayat 78. Diperlukan sentuhan intertainment agar menarik orang untuk mendatangi jamaa’ah Subuh.
Dengan memaksimalkan penggunaan multi media yang dimiliki Pondok, tata suara dan pencahayaan yang baik, acara ini  dibuat layaknya “LIVE” di Televisi. Jama’ah juga mendapat snack dari timur tengah (kurma).

 Subuh masal ini diakhiri dengan sholat isro’ yang pahalanya seperti haji
      dan umrah yang sempurna (HR. Abu Dawud)


E. Subuh Ceria
        And enjoy in ash-sholah (prayer) in your family.  (QS. Thoha: 132)
Allah SWT. Memerintahkan kita agar menggembirakan sholat (sholat dengan senang hati) untuk keluarga kita.
Acara ini dilaksanakan setiap Ahad pagi untuk anak SD/MI kelas 2-6. Acara dimulai dengan jamaah shubuh, tadarus dengan Al Qur’an digital, bercerita dengan layar lebar /LCD, olah raga/out bond, dan diakhiri dengan sarapan bersama.


F. Tadarus Online
Agar remaja dan pemuda senang membaca Al qur’an (khususnya di bulan Ramadhan) maka dengan menggunakan fasilitas “Hot Spot” di pondok tadarus dilakukan antar kamar dan antar masjid di sekitar pondok.


G. Menyebar “virus” kebajikan (Dakwah Home stay)
Dengan memanfaatkan waktu luang saat kelas IX menempuh ujian, santri kelas VII dan VIII diterjunkan ke desa-desa binaan. Santri menginap dirumah penduduk, satu rumah dititipi 2-3 santri. Kegiatan santri yaitu ikut memakmurkan masjid/musholla dan menggembirakan anak-anak belajar di Taman Pendidikan Al Qur’an serta mengikuti aktivitas keluarga yang ditempati.
Para santri subuh berjamaah di masjid/mushola terdekat (insyaalloh shohibul bait juga jadi ikut ke masjid).Tadarus di masjid sampai pukul 5.30. Kemudian pulang ke “rumah tinggal” membantu shohibul bait (ke sawah, mencangkul, mencari rumput, panen coklat, memberi makan ayam dll). Dhuhur berjamaah di masjid, kemudian makan siang dan istirahat.  Setelah jamaah asar para santri ikut menggembirakan anak-anak mengaji di TPA (Taman Pendidikan Alqur’an). Kegiatan berikutnya adalah jama’ah sholat magrib dan tadarus sampai Isya. Setelah itu santri pulang ke “rumah tinggal” dan istirahat hingga subuh.


H. Bank Santri
Program ini memfasilitasi anak-anak kurang mampu agar dapat menjadi santri di Pondok Modern Darul Arqom. Wali santri membayar syahriyah semampunya, sedang kekurangannya dibayar oleh Bank Santri. Kelak setelah santri bekerja akan membayar hutangnya di Bank Santri.

I. Sistem Ganda Bertingkat
Santri SMK  Farmasi  Pondok Modern Darul Arqom insya Allah akan bisa bekerja dan melanjutkan studi sekaligus menjadi “rijalul dakwah” di manapun    mereka magang atau bekerja.
J. Uang Pondok
Guna menekan kasus kehilangan uang dan mencegah santri kabur maka santri dilarang memegang uang rupiah. Semua uang saku harus dititipkan di Ustad/Bank Santri dan ditukar dengan uang pondok. Uang ini berlaku untuk semua transaksi di lingkungan Pondok Modern Darul Arqom Patean.






YANG MODERN DARI DARUL ARQOM

A. Belajar Berbasis Internet & Multimedia
            Alhamdulillah Pondok Modern Darul Arqom Patean  mempunyai perangkat yang memungkinkan para guru mengakses materi mengajar dari internet dI dalam kelas dan langsung disorotkan di layar lebar (LCD) sehingga santri langsung bisa mengikutinya.
B. Free Hot Spot Area
            Dengan hampir semua Ustadz mempunyai laptop, maka fasilitas Hot Spot Area di lingkungan pondok dapat diefektifkan dan dimaksimalkan penggunaanya.
C. Warnet
            Para santri dapat ber internet dari warnet pondok yang sudah diprotect dari situs-situs yang berbau porno dan yang tidak pantas.
D. Multi Language System
            Bukan hanya dalam proses belajar-mengajar tetapi dalam kehidupan sehari-hari santri berbicara dalam bahasa Arab dan Inggris. Di Pondok Modern Darul Arqom terdapat pekan Arab dan Inggris.

YANG MENYEJUKKAN HATI
Sebagai Ikhtiar untuk membekali santri dengan keimanan dan kebiasan yang baik maka di usahakan dengan kegiatan sebagai berikut :
1.          Berada di masjid sebelum adzan,
            2.        Sholat tahajud / Witir setiap malam
                      3.       Puasa sunah minimal 3 hari per bulan,
                                4.         Sholat 40 rokaat sehari semalam,
                                           5.        Sekali katam Al Qur’an dalam sebulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar