SELAMAT DATANG DI BLOK " PONDOK MODERN DARUL ARQOM PATEAN-KENDAL-JAWA TENGAH Jl. Tugu Mas Pagersari Patean Kendal, Kode Pos 51364 (phone) 451622, 452074, 5790809 HP: 085743689501 Email:darularqompatean@gmail.com / ponpesdarularqom@gmail.com / darularqompatean@yahoo.com We:pm-darularqompatean.Blogspot.com " JIKA TERJADI KESALAHAN PENULISAN & TUTUR KATA KAMI MOHON MAAF SEBESAR - BESARNYA, KRITIK & SARAN SANGAT KAMI BUTUHKAN DEMI KEMAJUAN PONDOK.

Selasa, 04 Oktober 2011

NUTRISI JIWA


NUTRISI JIWA:
1.Dzikir
·       Membaca Al Qur’an
Dan Kami turunkan dari al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang – orang yang beriman dan al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang – orang zhalim selain kerugian ( Al Isra’: 82 )
·         Istighfar
Barangsiapa yang tekun beristigfar, Allah akan memberi kan solusi atas seiap kesulitan yang dihadapi, memberi pelipur atas kesedihan yang menghinggapi dan memberinya rezeki dari arah yang tak disangka – sangka (HR.Abu Daud).
Imam Qatadah berkata:”Penyakit kalian adalah dosa dan obatnya adalah beristighfar”
·         Dzikir secara umum, termasuk doa
Dengan berdo’a, jiwa akan lebih tenang karena memiliki tempat bersandar, meminta dan berlindung dari segala bencana ”(Yaitu) orang – orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah -lah hati menjadi tenteram”(Ar Ra’d:28).
2.Muhasabah Diri.
Muhasabah atau instrospeksi diri akan membuat jiwa sadar akan aib dan kekurangan diri, sadar akan hak – hak Allah atas dirnya dan akan membuat jiwa semakin lembut dan tawadhu.               Hasan al Basri Berkata, “Seorang mukmin itu pemimpin bagi dirinya. Ia mengintropeksi dirinya sendiri. Sesungguhnya hisab pada hari kiamat nanti akan ringan bagi mereka yang telah melakukannya di dunia. Sebaliknya hisab akan berat bagi kaum yang menempuh urusan ini tanpa pernah berinstropeksi.”
3.Shalat Malam
Al Munkadir berkata,”Kenikmatan dunia hanya tersisa tiga: shalat malam, berjumpa dengan teman, dan shalat jama’ah”.

NUTRISI AKAL
1.Bacaan Bermutu Untuk Menambah Wawasan Dien.
Bacalah dengan (menyebut)nama Rabbmu yang mencipta kan, Dia telah menciptakan menuasia dari segumpal darah. Baca lah, dan Rabbmulah yang paling pemurah ( Al Alaq:1-3)
2.Motivasi Positif Untuk Membangun Mind Power   (Kekuatan Pikiran) Dan Mempola Cara Berfikir  
Yang Benar Dan Kreatif.                                                                                                                    “Dan tetaplah memberi peringatan  karena sesungguhnya                                                         peringatan itu bermanfaat bagi orang  - orang yang beriman ( Adz Dzariyat:55).

3.Menulis
”Para peneliti di bidang neurologi (Ilmu saraf otak), rata  rata menggunggulkan membaca dan menulis dalam merawat dan menjaga otak agar terus berada dalam keadaan bugar dan siap menerima perubahan – perubahan secepat apapun (Hernowo).

4.Berpikir Dan Menganalisa
”Sesungguhnya dalam penciptaan langit langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda – tanda bagi orang – orang yang berakal (Ali Imran:190)

5.Mempalajari Hal – Hal Baru Yg Bermanfaat, Belajar Memecahkan Masalah Dan Latihan Otak Yang Lain.
”Bersemangatlah atas hal – hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah”(HR Bukhari Muslim)

6.Refresing
”Setiap amal itu ada masa giatnya dan ada masa jenuhnya barangsiapa yang pada masa jenuhnya diisi dengan sunahku, maka dia beruntung, barang siapa yang mengisi dengan selain sunahku maka dia celaka.” (HR . Ahmad).

NUTRISI RAGA
1.Makanan Halal Dan Bergizi
”Makanlah apa yang Allah rezekikan pada kamu, yang halal dan baik, dan bertakwalah kepda Allah, yang kamu beriman kepadan-Nya.” (Al - Maidah:88)
2.Madu
”Dari perut lebah itu keluar minuman  yang bermacam – macam warnanya, di dalamya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar –benar  terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang – orang yang memikir kan.”(An Nahl:69).
3.Habbatussauda (Biji Jinten Hitam)
Setialah dengan habbatussauda, karean sesungguhnya ia penyembuh segala penyakit kecuali kematian.”(HR Al Bukhary dan Muslim).
4.Minyak Zaitun
”Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai  minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.”(HR. At Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dikutip dari: Majalah Islam Ar Risalah Edisi 96

Tidak ada komentar:

Posting Komentar